Record Details

SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADARASAH ALIYAH NURUL IMAN KECAMATAN CIGALONTANG KABUPATEN TASIKMALAYA

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADARASAH ALIYAH NURUL IMAN KECAMATAN CIGALONTANG KABUPATEN TASIKMALAYA
 
Creator AAH SHOLIHAH / NIM. 06913075
 
Subject PENDIDIKAN ISLAM
 
Description Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sistem pembelajaran bahasa arab terhadap kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Arab yang dilakukan di Madrasah Aliyah Nurul Iman. Madrasah ini merupakan lembaga pendidikan terpadu yang berada di bawah naungan yayasan Nurul Iman yang menyelenggarakan Pendidikan baik formal dan non-formal. Madrasah Aliyah ini menggunakan sistem pendidikan terpadu dengan sistem fullday school artinya siswa di madrasah ini diharuskan tinggal di asrama yang telah disediakan oleh Yayasan. Sejak mulai beroperasi sampai sekarang madrasah ini memiliki tradisi dan sistem pembelajaran yang Khas.
Dari hasil observasi yang dilakukan, berhubungan dengan sistem pembelajaran di Madrasah Aliyah Nurul Iman dan pengaruhnya terhadap kemampuan siswa dalam berkomunikasi Bahasa Arab, penulis mendapatkan bahwa Madrasah Aliyah Nurul Iman memiliki sistem pembelajaran Bahasa Arab yang komprehensip dan integral, di mana setiap guru yang mengajarkan materi keagamaan dianjurkan untuk berkomunikasi dengan siswa menggunakan bahasa Arab, sehingga lahir kebiasaan berbicara bahasa Arab pada diri siswa. Disamping itu Proses pembelajaran bahasa secara khusus bahasa Arab di Madarasah ini dilakukan secara variatif dan inopatif sehingga mendukung pada keberhasilan output pendidikan. Diantara Metode yang dikembangkan adalah metode hiwar yang dikombinasikan dengan penghapalan mufrodat setiap pagi sebelum belajar dan sore hari setelah selesai belajar, di samping itu Istima’ ila syarithoh wa nadhr ila al-aflam al-‘Arobiyah, ketaladanan, dan mutahala’ah menjadi pendukung keberhasilan pembelajaran. Dengan demikian jelaslah bagi kita bahwa sistem pembelajaran di Madrasah Aliyah Nurul Iman memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Arab. Oleh Karena itu untuk menjaga kualitas dan keunggulan, harus dipertahankan Metode hiwar yang dikombinasikan dengan penghapalan mufrodat, Istima’ syarithoh wa nadhr ila al-aflam al-‘arobiyah, keteladanan, dan mutahala’ah. Namun di samping keunggulan dalam kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa Arab, kelemahanpun ada yaitu belum meratanya kemampuan siswa dalam membaca tulisan bahasa Arab ghoiru musyakkalah (tidak bersyakal). Hal ini dikarenakan kurangnya penguasaan siswa akan gramatika (qowa’id) Bahasa Arab terutama Nahwu dan shorof. Serta pembiasaan dan target kemampuan verbal terlalu diutamakan dan melupakan pembiasaan siswa secara literal.
Oleh karena itu, peluang untuk terus berkembang dan lebih berkualitas dalam keilmuan, perlu disikapi oleh Kepala Madrasah dengan meningkatkan sistem pembelajaran yang padu antara verbal dan literal. Dengan itu berarti mempertahankan tradisi yang baik dan mengambil strategi yang baru yang lebih baik.

Kata Kunci: Sistem Pembelajaran Bahasa Arab, Komunikasi Bahasa Arab
 
Publisher S-2 MSI UII
 
Contributor Prof. Dr.H. Amir Mu'allim, MIS
 
Date 2008-04-02
 
Type Text
 
Format msword
 
Identifier http://rac.uii.ac.id/server/document/Public/20080603104320ABSTRAK.Aah Solihah.doc
 
Source Program Pasca Sarjana Fak. IAI
 
Language Indonesia