Record Details

Efektivitas Implementasi Studi Islam Praktis dalam Rangka Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa SMP Al Manaar Cilacap

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektivitas Implementasi Studi Islam Praktis dalam Rangka Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa SMP Al Manaar Cilacap
 
Creator Joko Sumpeno/05913106
 
Subject PENDIDIKAN ISLAM
 
Description Sekilas gambaran tentang tesis ini yaitu menggagas masalah yang terkait dengan tinjauan ajaran Islam yang berwujud pengamalan. Terlebih spesifik lagi adalah tentang masalah amalan pembiasaan , dalam hal ibadah dan muamalah, yang bersifat fardlu dan nadab. Pembahasan yang lain yaitu kegiatan yang bernuansakan Islam. Ruanglingkupnya berupa Perencanan, Implementasi (pelaksaan) dan pengawasan. Kemudian dikaitkan dengan masalah akhlakul karimah siswa SMP Al Manaar Cilacap.
Adapun teknik pengumpulan data penelitian yaitu dengan menggunakan cara
wawancara, angket, observasi, dan studi dokumentasi dengan menggunakan pendekatan sosiologi.
Tujuan utama yang akan dicapai dalam penelitian ini, yaitu penulis ingin mengungkapkan tentang
pelaksanaan (implementasi), dan pengawasan yang berkaitan dengan pembiasaan dan kegiatan yang bernuansakan Islam, yang telah diterapkan di SMP Al Manaar Cilacap.
Pembiasaan dan kegiatan yang bernuansakan Islam yang berhubungan dengan akhlakul karimah, yang menjadi program SMP Al Manaar Cilacap, yang telah diamalkan oleh para siswa sangat berfariasi antara yang satu dengan yang lainnya. Diantara sebagian dari mereka ada yang baik sekali, baik dan cukup. Kondisi dan situasi Mereka sangat dominan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti : Keluarga, Sosial Budaya, permainan dan hiburan.
Para siswa yang aktif berperan dalam hal pembiasaan, dan kegiatan yang bernuansakan Islam, adalah mereka yang pada umumnya berasal dari latar belekang keluarga yang taat beribadah, dekat dan aktifis Masjid. Mereka sangat selektif terhadap pengaruh sosial budaya, baik sumbernya berasal dari domestik, maupun mancanegara. Yang sumbernya pengaruhi domestik yaitu berupa tradisi dan adat, sedangkan yang bersumber dari mancanegara adalah sikap hidup dominan mengutamakan hidup didunia dan kurang peduli terhadap kehidupan akhirat. pergaulan bebas, etika yang rendah. Mereka juga membatasi dalam hal permainan dan hiburan, baik dengan temannya sendiri maupun melalui sarana media elektronik. Pada umumnya akhlak mereka signifikan dengan akhlakul karimah. Dengan tolak ukur diantaranya yaitu
dalam berbicara sopan, mentaati peratutan, menghormati guru, orang tua dan orang lain bagi mereka yang kurang aktif tentang pembiasaan dan kegiatan yang bernuansakan Islam adalah dilatarbelakangi, oleh faktor yang ada pada golongan kelompok pertama. Sehingga dengan demikian signifikan mereka mempunyai derajat akhlak rendah.
 
Publisher S2 MSI UII
 
Contributor Prof. Dr. Imam Barnadib, MA., Ph.D
 
Date 2007-00-00
 
Type TEXT
 
Format pdf
 
Identifier http://rac.uii.ac.id/server/document/Public/20080530122207ABSTRAK Joko Sumpeno.pdf
 
Source Program Pasca Sarjana Fak. IAI
 
Language Indonesia