Record Details

Analisis Penentuan Bangunan Atas Jembatan Dengan Metode Rekayasa Nilai

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Penentuan Bangunan Atas Jembatan Dengan Metode Rekayasa Nilai
 
Creator Adi Saptono/05914041
 
Subject Manajemen Konstruksi
 
Description ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk menentukan struktur atas jembatan Kali Pekacangan yang memberikan biaya yang paling ekonomis tetapi tetap memenuhi ketentuan kekuatan yang disyaratkan. Jembatan Kali Pekacangan merupakan jembatan yang menghubungkan Purbalingga dengan Banjarnegara, Jawa Tengah. Jembatan ini dibangun di atas Kali Pekacangan dengan bentang 20 m dan lebar 7 m dilengkapi 2 (dua) trotoar di kanan dan kirinya dengan struktur bawah jembatan sudah selesai dibangun. Dalam penelitian ini, analisis akan dilakukan terhadap empat tipe jembatan yaitu jembatan pre-stress, jembatan komposit baja-beton, jembatan rangka baja dan jembatan beton konvensional.
Metode yang digunakan adalah analisis value engineering terhadap empat model jembatan yang akan dibandingkan yaitu jembatan pre-stress, jembatan komposit baja-beton, jembatan rangka baja dan jembatan beton konvensional. Dalam metode rekayasan nilai (value engineering) ini terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan yaitu tahap informasi, tahap analisis fungsi, tahap kreatif, tahap penilaian, tahap pengembangan dan tahap rekomendasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat alternatif jembatan berdasarkan analisis untung rugi dan analisis kelayakan terpilih 3 (tiga) struktur atas jembatan yang dapat digunakan di atas Kali Pekacangan yaitu jembatan beton konvensional, jembatan beton prestrees dan jembatan komposit baja-beton. Dari ketiga alternatif yang terpilih dianalisis diperoleh struktur atas jembatan tipe komposit baja-beton yang memenuhi syarat kekuatan dan memberikan biaya yang efisien. Sedangkan jembatan beton konvensional dan jembatan beton prestress sebagai alternatif pengganti pertama dan kedua. Analisis biaya inisial dan biaya siklus hidup selama 50 tahun untuk struktur atas jembatan diperlukan biaya sebesar Rp 110.102.746,74 untuk jembatan komposit baja beton, Rp 113.443.072,14 untuk jembatan beton konvensional dan Rp 115.184.682,44 jembatan beton pre stress. penghematan antara jembatan komposit dengan jembatan pre stress sebesar Rp 5.081.935,70 atau 4,41% dari biaya jembatan komposit baja beton. Antara jembatan komposit baja-beton dengan jembatan beton konvensional terjadi penghematan sebesar Rp 3.340.325,40 atau 2,94%.
 
Publisher MTS UII
 
Contributor Dr. Ir. Harsoyo, MSc./Ir. Faisol AM., MS.
 
Date 2008-08-10
 
Type Text
 
Identifier http://rac.uii.ac.id/server/document/Public/2008052512155005914001aman.pdf
 
Source Program Magister Teknik Sipil
 
Language Indonesia