Record Details

PenyelesaianSengketa Ekonomi Syari’ah Di Lingkungan Pengadilan Agama

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PenyelesaianSengketa Ekonomi Syari’ah Di Lingkungan Pengadilan Agama
 
Creator RAHMAN PAMUJI / NIM : 05913194
 
Subject HUKUM BISNIS SYARIAH
 
Description Pemerintah Republik Indonesia melalui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006, telah memberikan kewenangan absolut kepada Pengadilan Agama untuk mengadili dan menyelesaikan sengketa ekonomi syari’ah.

Persoalan yang muncul yakni hukum formil yang mengatur bagaimana cara-cara mengadili dan menyelesaikan perkara-perkara sengketa ekonomi syari’ah yang diajukan ke Pengadilan Agama.

Oleh karena sampai saat ini, aturan-aturan formal dimaksud belum diundangkan, maka atas dasar alasan itulah penyusun mengadakan penelitihan ini. Tujuan utamanya adalah untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas bagaimana cara-cara penyelesaian sengketa ekonomi syari’ah melalui Pengadilan Agama. Sehingga penelitihan ini memiliki cakupan terhadap hukum acara yang berlaku.

Untuk memperoleh data yang dibutuhkan dilakukan dengan cara penelusuran pustaka serta melakukan wawancara dengan praktisi hukum yang terlibat dalam proses pemeriksaan dan penyelesaian sengketa ekonomi syari’ah yang diajukan ke Pengadilan agama. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan teknik induktif analysis untuk diambil kesimpulan.

Dari hasil pengumpulan data dan analisisnya, telah disimpulkan bahwa hukum acara yang berlaku bagi Peradilan Agama dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syari’ah adalah hukum acara perdata yang berlaku bagi Peradilan Umum, sepanjang belum diundangkannya peraturan perundangan yang khusus diberlakukan untuk itu (Vide Pasal 54 UU Nomor 7/1989 jo Pasal 106 A UU Nomor 3/2006), dengan tanpa me-nafi-kan kaidah-kaidah fiqhiyah yang sejalan dengan perkara yang diadili.

Dengan disusunnya tesis ini, diharapan memberi manfaat baik bagi kalangan pelaku bisnis syari’ah, para praktisi hukum maupun bagi lembaga Peradilan Agama itu sendiri. Selain itu secara akademis dengan hadirnya tesis ini diharapkan akan menambah khasanah keilmuan dalam bidang penyelesaaian sengketa ekonomi syari’ah.


Kata Kunci :
• Sengketa
• Pengadilan Agama
 
Publisher S-2 MSI UII
 
Contributor Drs. H. Asmuni, MA.
 
Date 2008-03-01
 
Type MS WORD
 
Identifier http://rac.uii.ac.id/server/document/Public/20080514120539TESIS MSI-UII YOGYA.doc
 
Source Program Pasca Sarjana Fak. IAI
 
Language Indonesia