Record Details

Adversity Quotient (Aq) Dan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Program Akselerasi Dan Program Reguler

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Adversity Quotient (Aq) Dan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Program Akselerasi Dan Program Reguler
 
Creator Suheil Fahmi - 03 320 187
 
Subject Adversity Quotient (AQ), motivasi berprestasi, siswa program akselerasi, siswa program reguler
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat motivasi berprestasi antara siswa program akselerasi dan siswa program reguler dengan mengontrol Adversity Quotient (AQ). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan tingkat motivasi berprestasi pada siswa program akselerasi dan siswa program reguler dengan mengontrol Adversity Quotient (AQ).
Subjek dalam penelitian ini berjumlah 54 siswa dari kelas program akselerasi dan 58 siswa dari kelas program reguler Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Yogyakarta. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah dibuat sendiri oleh peneliti. Adapun skala yang digunakan adalah skala Adversity Quotient (AQ) dengan mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Stoltz (2000) dan indikator perilaku Quitter, Camper dan Climber menurut Faqih (2007). Dan skala Motivasi Berprestasi dengan mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan McClelland dalam Kartika dkk (2000).
Metode analisis data yang digunakan menggunakan program SPSS 13.0 untuk menguji hipotesis apakah terdapat perbedaan tingkat motivasi berprestasi pada siswa program akselerasi dan siswa program reguler dengan mengontrol Adversity Quotient (AQ). Hasil uji beda (uji-t) Adversity Quotient (AQ) pada siswa program akselerasi dan program reguler menunjukkan t = 0,243 dan p = 0,809 (pgt
0,05). Sedangkan motivasi berprestasi pada siswa program akselerasi dan program reguler diperoleh t = 0,262 dan p = 0,794 (pgt
0,05). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara tingkat Adversity Quotient (AQ) dan tingkat motivasi berprestasi pada siswa program akselerasi dan program reguler.
Hasil uji anakova menunjukkan F = 5403,079 dengan p = 0,000 (plt
0,01). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat motivasi berprestasi yang sangat signifikan antara siswa program akselerasi dan program reguler dengan mengontrol Adversity Quotient (AQ). Hipotesis penelitian diterima.
 
Publisher FPSB UII
 
Contributor Ratna Syifa’a R,S.Psi.,M.Si.
 
Date 2008-02-27
 
Type pdf
 
Format pdf
 
Identifier http://rac.uii.ac.id/server/document/Public/20110314094331UII 03320187 Suheil Fanini_naspub.pdf
 
Source Fak. Psikologi amp
Ilmu Sosial Budaya
 
Language Indonesia