Record Details

Hubungan Antara Efektifitas Komunikasi Orangtua Dan Anak Dengan Perilaku Asertif Remaja

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Antara Efektifitas Komunikasi Orangtua Dan Anak Dengan Perilaku Asertif Remaja
 
Creator Bagus Gunawan - 00 320 048
 
Subject perilaku asertif, efektifitas komunikasi
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara efektifitas komunikasi orangtua dan anak dengan perilaku asertif remaja. Asumsi awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara efektifitas komunikasi orangtua dan anak dengan perilaku asertif remaja. Semakin efektif komunikasi orangtua dan anak, maka perilaku asertif remaja akan semakin baik. Subjek dalam penelitian ini adalah para remaja (putra dan putri) di lingkungan dan kelembagaan Karang Taruna “Phrasta Bhakti Wira Sejati”, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta. Dengan ketentuan berusia 15-18 tahun dan masih aktif dalam masa pembelajaran. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala asertivitas yang disusun oleh Gina Ardika Laura (2006) dan direplikasi oleh peneliti. Skala ini dibuat berdasarkan aspek yang diungkapkan oleh Lazarus. Dan skala efektifitas komunikasi orang tua dan anak yang disusun oleh Andina Wulandani (2005) yang kemudian direplikasi oleh peneliti. Skala ini disusun berdasarkan konsep dari Sokolau dan Hutton (1991)
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Product Moment dari Pearson untuk menguji apakah terdapat hubungan antara efektifitas komunikasi orang tua dan anak dengan perilaku asertif remaja. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan program komputer SPSS versi 15.00. Korelasi Product Moment dari Pearson menunjukkan keofisien korelasi sebesar r = 0,486 dengan p= 0,001 (p lt
0.01). Sumbangan efektif yang diberikan efektifitas komunikasi antara orangtua dan anak terhadap perilaku asertif remaja sebesar 23, 6%, sedangkan sisanya sebesar 76,4 % dipengaruhi variabel lain di luar variabel tersebut. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efektifitas komunikasi orangtua dan anak dengan perilaku asertif remaja . Jadi hipotesis yang diajukan, diterima.
 
Publisher FPSB UII
 
Contributor Ratna Syifa’a R,S.Psi.,M.Si.
 
Date 2009-12-15
 
Type pdf
 
Format pdf
 
Identifier http://rac.uii.ac.id/server/document/Public/20110311085612UII 00320048 Bagus Gunawan Pre.pdf
 
Source Fak. Psikologi amp
Ilmu Sosial Budaya
 
Language Indonesia