Record Details

Hubungan Antara Keluarga Sakinah Dengan Memaafkan Pasangan Dalam Pernikahan

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Antara Keluarga Sakinah Dengan Memaafkan Pasangan Dalam Pernikahan
 
Creator Wiwik Pratiwi - 04320276
 
Subject keluarga sakinah, memaafkan
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara keluarga sakinah dengan memaafkan pasngan dalam pernikahan. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara keluarga sakinah dengan memaafkan pasangan dalam pernikahan. Individu yang memiliki keluarga yang sakinah maka akan mudah untuk memaafkan kesalahan pasangannya dan sebaliknya, individu yang keluarganya tidak sakinah maka akan sulit untuk memaafkan kesalahan pasangannya.
Subjek dalam penelitian ini adalah suami atau istri, beragama islam dan berusia 20 sampai 60 tahun yang tinggal di wilayah RW 011 Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, khususnya RT 001, dan RT 002. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 80 orang. Adapun skala yang digunakan adalah Skala Keluarga Sakinah yang disusun oleh peneliti berdasarkan pengertian keluarga sakinah dari Shihab (2007) yang berjumlah 32 aitem dan Skala Memaafkan yang disusun peneliti berdasarkan teori McCullough (2000) yang berjumlah 24 aitem.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan statistik uji korelasi Product Moment dari Pearson yang diproses dengan menggunakan program statistik SPSS for windows 12.00. Korelasi Product Moment dari Pearson menunjukkan korelasi r sebesar 0,600 yang artinya ada hubungan positif yang signifikan antara keluarga sakinah dengan memaafkan pasangan dalam pernikahan. Jadi hipotesis penelitian diterima.
 
Publisher FPSB UII
 
Contributor Irwan Nuryana K, S.Psi, M.Si.
 
Date 2008-10-27
 
Type pdf
 
Format pdf
 
Identifier http://rac.uii.ac.id/server/document/Public/20110310085532UII 04320276 Wiwik Pratiwi Pre.pdf
 
Source Fak. Psikologi amp
Ilmu Sosial Budaya
 
Language Indonesia