Record Details

Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Craving Pada Pecandu Narkoba

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Craving Pada Pecandu Narkoba
 
Creator Noviza - 04320186
 
Subject Efikasi Diri, Craving
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan negatif antara efikasi diri dengan craving pada pecandu narkoba. Hipotesis awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan negatif antara efikasi diri dengan craving pada pecandu narkoba. Semakin tinggi efikasi diri, semakin rendah craving pada pecandu narkoba, sebaliknya semakin rendah efikasi diri, semakin tinggi craving pada pecandu narkoba.
Subjek dalam penelitian ini adalah para pecandu narkoba yang sedang menjalani proses penyembuhan di Panti Pamardi Putra, berjumlah 47 subjek. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 5-7 Mei 2008. Adapun skala yang digunakan adalah skala Efikasi Diri yang disusun oleh peneliti berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Corsini (Puspitalani, 2002), berjumlah 34 item. Sedangkan skala Craving disusun oleh peneliti berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Tiffany (Versland, 2006), berjumlah 35 item.
Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment dari Pearson dengan fasilitas program SPSS 16.0 for windows untuk menguji apakah terdapat hubungan negatif antara efikasi diri dengan craving pada pecandu narkoba. Korelasi product moment menunjukkan korelasi sebesar r = -0,510 yang artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan craving pada pecandu narkoba. Jadi hipotesis penelitian diterima.
 
Publisher FPSB UII
 
Contributor Yulianti Dwi Astuti, S.Psi., M.Soc.Sc.
 
Date 2008-09-03
 
Type pdf
 
Format pdf
 
Identifier http://rac.uii.ac.id/server/document/Public/20110310083942UII 04320186 Noviza Preliminari.pdf
 
Source Fak. Psikologi amp
Ilmu Sosial Budaya
 
Language Indonesia