Record Details

Hubungan Antara Effective Followership Dengan Kepuasan Kerja Pada Karyawan

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Antara Effective Followership Dengan Kepuasan Kerja Pada Karyawan
 
Creator Devi Wahyu Yuliawati - 03320145
 
Subject Effective Followership, Kepuasan Kerja
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara effective followership dengan kepuasan kerja pada karyawan. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin tinggi effective followership, semakin tinggi pula kepuasan kerja pada karyawan. Sebaliknya, jika semakin rendah effective followership, maka akan semakin rendah pula kepuasan kerja pada karyawan.
Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan-karyawati di suatu perusahaan yang bergerak di bidang produksi lampu-lampu untuk mencukupi kebutuhan di dalam negeri. Tempat produksinya terletak di daerah Sleman, Yogyakarta. Subyek penelitian berusia 25-55 tahun dan memiliki masa kerja minimal satu tahun.
Tekhnik pengumpulan data berbentuk angket yaitu Skala effective followership dan kepuasan kerja. Skala effective followership disusun sendiri oleh penulis berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Kelley (Brugdsrad dan Spotlight, 2006) sebanyak 19 aitem setelah aitem-aitem tidak valid dihilangkan sebesar rtt = 0,877. Dan skala kepuasan kerja yang disusun sendiri oleh penulis berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Smith, Kendall dan Hulin (Almigo, 2004) sebanyak 16 aitem setelah aitem-aitem tidak valid dihilangkan sebesar rtt = 0,873. Koefisien realibilitas dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Alpha Cronbach.
Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dari Spearman dan perhitungannya dilakukan dengan menggunakan fasilitas program SPSS 12,00. Hasilnya adalah kepuasan kerja pada responden tidak berhubungan dengan kemampuan effective followership. Sedangkan pada pengujian masing-masing aspek kepuasan kerja, didapatkan hasil bahwa effective followership tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan kerja terhadap pekerjaan, kepuasan terhadap supervisor dan kepuasan terahadap gaji. Sedangkan aspek kepuasan tehadap promosi dan rekan kerja memiliki hubungan yang signifikan dengan effective followership.
 
Publisher FPSB UII
 
Contributor Emi Zulaifah, Dra, M.Sc.
 
Date 2008-09-14
 
Type pdf
 
Format pdf
 
Identifier http://rac.uii.ac.id/server/document/Public/20110310082624UII 03320145 Devi Wahyu Yuliawati Pre.pdf
 
Source Fak. Psikologi amp
Ilmu Sosial Budaya
 
Language Indonesia