Record Details

Hubungan Antara Stres Kerja Dengan Sikap Pelayanan Perawat Terhadap Pasien Di Rumah Sakit Islam Hidayatullah Yogyakarta

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Antara Stres Kerja Dengan Sikap Pelayanan Perawat Terhadap Pasien Di Rumah Sakit Islam Hidayatullah Yogyakarta
 
Creator Indri Setyorini - 00320013
 
Subject Persepsi Terhadap Sumber-sumber Stres Kerja, Sikap Pelayanan
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan negatif antara persespi terhadap sumber-sumber stres kerja dengan sikap pelayanan perawat terhadap pasien. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara persepsi terhadap sumber-sumber stres kerja dengan sikap pelayanan perawat terhadap pasien. Semakin tinggi persepsi terhadap sumber-sumber stres kerja, semakin buruk sikap pelayanan perawat terhadap pasien. Sebaliknya semakin rendah persepsi terhadap sumber-sumber stres kerja, semakin baik sikap pelayanan perawat terhadap pasien.
Subjek dalam penelitian ini adalah perawat yang bekerja di Rumah Sakit Islam Hidayatullah Yogyakarta. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah metode simple random sampling. Adapun skala yang digunakan adalah skala persepsi terhadap sumber-sumber stres kerja mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh Northcraft (Bachroni dan Asnawi, 1999) dan skala sikap pelayanan mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh Departemen Kesehatan RI (2007).
Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan fasilitas program SPSS for window versi 13.0. Untuk menguji apakah terdapat hubungan antara stres kerja dengan sikap pelayanan perawat terhadap pasien. Korelasi product moment dari Perason menunjukkan korelasi sebesar r1 = -0,463 yang artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap sumber-sumber stres kerja aspek pekerjaan itu sendiri dengan sikap pelayanan perawat terhadap pasien. Jadi hipotesis penelitian diterima. Korelasi product moment dari Perason menunjukkan korelasi sebesar r2 = -0,483 yang artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap sumber-sumber stres kerja aspek peran dalam organisasi dengan sikap pelayanan perawat terhadap pasien. Jadi hipotesis penelitian diterima. Korelasi product moment dari Perason menunjukkan korelasi sebesar r4 = -0,448 yang artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap sumber-sumber stres kerja aspek iklim organisasi dengan sikap pelayanan perawat terhadap pasien. Jadi hipotesis penelitian diterima. Korelasi prosuct moment terhadap r3 (perkembangan karir), r5 (hubungan dalam organisasi) dan r6 (hubungan dengan pihak luar organisasi) tidak dapat dianalisis, karena uji normalitas memiliki sebaran yang tidak normal.
 
Publisher FPSB UII
 
Contributor H. Bagus Riyono, MA.
 
Date 2008-08-27
 
Type pdf
 
Format pdf
 
Identifier http://rac.uii.ac.id/server/document/Public/20110308030410UII 00320013 Indri setiyo rini Preliminari.pdf
 
Source Fak. Psikologi amp
Ilmu Sosial Budaya
 
Language Indonesia