Record Details

Hubungan Antara Religiusitas Dengan Etos Kerja Islami Pada Dosen Di Universitas Islam Indonesia-Yogyakarta

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Antara Religiusitas Dengan Etos Kerja Islami Pada Dosen Di Universitas Islam Indonesia-Yogyakarta
 
Creator Ahmad Syafiq - 04320222
 
Subject religiusitas, etos kerja islami, dosen
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara religiusitas dengan etos kerja islami. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara religiusitas dengan etos kerja islami.
Subjek dalam penelitian ini adalah dosen di Universitas Islam Indonesia. Sebanyak 37 orang dosen, terdiri dari 22 orang dosen laki-laki dan 15 orang dosen perempuan, terlibat dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan kuisioner hasil adaptasi dan modifikas skala Islamic Work Ethics yang dikembangkan oleh Abbas Ali (1987) dan skala religiusitas merupakan hasil pengembangan peneliti dengan mengacu kepada rumusan Glock dan Stark (1996
Astuti, 1999) dan Kementerian Kependudukan dan Ligkungan Hidup Republik Indonesia (Subandi, 1988, Astuti, 1999). Kuisioner yang digunakan terdiri atas bagian pernyataan, biodata serta dua buah skala pengukuran, yaitu: Skala Etos Kerja Islami, dan Skala Religiusitas.
Hasil analisis data penelitian dengan komputer menggunakan program SPSS 12.0 for Windows, menunjukkan koefisien korelasi secara umum (R) sebesar 0.415 dengan koefisien detrminasi (R Square) sebesar 0.172. Hasil korelasi Sperman Rho sebesar 0.354 dengan p =0.016 (plt
0.05) pada uji satu ekor. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara religiusitas dengan etos kerja islami pada dosen. Selain itu ditemukan pula ada hubungan antara religiusitas dimensi ibadah, dimensi penghayatan dan dimensi pengamalan dengan etos kerja islami. Sedangkan penelitian ini juga menemukan bahwa tidak ada hubungan antara religiusitas dimensi aqidah dan dimensi pengetahuan dengan etos kerja islami.
 
Publisher FPSB UII
 
Contributor Hepi Wahyuningsih, S.Psi., M.Si.
 
Date 2008-10-27
 
Type pdf
 
Format pdf
 
Identifier http://rac.uii.ac.id/server/document/Public/20110308025552UII 04320222 Ahmad Syafiq Preliminari.pdf
 
Source Fak. Psikologi amp
Ilmu Sosial Budaya
 
Language Indonesia