Record Details

EVALUASI KINERJA ANGKUTAN BUS PERKOTAAN TRANS-JOGJA

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title EVALUASI KINERJA ANGKUTAN BUS PERKOTAAN TRANS-JOGJA
 
Creator YUDHY WAHYUNTORO / 03 511 156
 
Subject Manajemen Lalu lintas
 
Description ABSTRAKSI
Kondisi dan pelayanan angkutan umum di Yogyakarta dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Hal ini dibuktikan bahwa tingkat muat angkutan perkotaan di Yogyakarta hanya mencapai 27% pada tahun 2004. Penyebab utama menurunnya kinerja bus perkotaan adalah menurunnya kualitas pelayanan angkutan umum (kenyamanan, keandalan, dan keamanan), dan semakin mudahnya masyarakat memiliki sepeda motor. Bus Trans-Jogja hadir karena keinginan Pemerintah Provinsi DIY untuk meningkatkan pelayanan angkutan umum di wilayah Perkotaan Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi kinerja load factor, headway, waktu sirkulasi, kecepatan rata-rata, jumlah penumpang
pada peak hours, jumlah armada pada jam normal dan jumlah armada pada jam sibuk dengan objek penelitian pada bus Trans-Jogja Jalur 1 A. Survei dilakukan di lapangan selama 7 hari dari hari Minggu, 1 Juni 2008 sampai hari Sabtu, 7 Juni 2008, dengan cara meletakkan seorang surveyor di tiap bus Trans-Jogja Jalur 1 A. Adapun variabel yang disurvei adalah jumlah penumpang, headway, waktu sirkulasi, kecepatan rata-rata, dan jumlah penumpang peak hours. Hasil yang diperoleh selama penelitian adalah nilai load factor rata-rata 34,70%, nilai headway rata-rata 13,384 menit, waktu sirkulasi rata-rata 94,8 menit atau 1,58 jam, kecepatan rata-rata 24,28 Km/jam, jumlah penumpang peak hours rata-rata 116 orang/jam. Nilai kecepatan rata-rata dan waktu sirkulasi sudah memenuhi standar yang berlaku, sedangkan nilai load factor dan headway belum sesuai dengan standar yang ditetapkan. Perencanaan dilakukan dengan asumsi nilai load factor dan headway yang memenuhi standar yang berlaku, dengan nilai load factor ideal sebesar 70% dan headway ideal sebesar 10 menit. Hasil perencanaan
menghasilkan jumlah penumpang peak hours adalah 173 orang/jam, jumlah armada normal adalah 10 armada/riit, dan jumlah armada pada jam sibuk adalah 11 trip kendaraan.
Kata kunci : evaluasi kinerja, load factor, headway, waktu sirkulasi, kecepatan ratarata, jumlah penumpang pada peak hours, jumlah armada pada jam normal, jumlah armada pada jam sibuk.
 
Publisher FTSP/Teknik Sipil
 
Contributor Ir. H. Bachnas, Msc / Rizki Budi Utomo, ST, MT
 
Date 2010-12-15
 
Type Text
 
Source Fak. Teknik Sipil amp
Perencanaan
 
Language Indonesia