Record Details

PEMANFAATAN LIMBAH KAYU UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK FURNITURE DENGAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus CV. Bina Karya Utama Yogyakarta)

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMANFAATAN LIMBAH KAYU UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK FURNITURE DENGAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus CV. Bina Karya Utama Yogyakarta)
 
Creator Oke Dwi Priambodo-05 522 102
 
Subject Limbah, Quality Function Deployment, Flooring
 
Description Salah satu industri yang banyak mengeksploitasi bahan baku kayu adalah industri mebel kayu. Industri mebel ini menggunakan material kayu sebagai bahan utama, sehingga kegiatan industri ini dapat menghasilkan limbah kayu. Limbah adalah sisa-sisa bahan yang masih dapat memiliki nilai atau harga untuk di olah kembali menjadi sesuatu bahan kembali yang terdiri dari dua jenis yaitu limbah padat dan limbah cair. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan limbah kayu industri furniture sisa penggergajian sebagai bahan baku dasar desain pengembangan produk baru. Diharapkan limbah kayu sisa penggergajian dapat lebih dimanfaatkan dari sekedar sebagai bahan bakar pengapian dan upaya pemberdayaan industri kerajinan dari segi desain dan perluasan fungsi kegunaan produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Penelitian ini menggunakan metodologi Quality Function Deployment (QFD). Dari pengamatan kemudian dilakukan pengembangkan sebuah produk furniture dari sisa potongan-potongan kayu tersebut. Produk yang kami usulkan untuk dikembangkan adalah Flooring (lantai kayu) laminasi. Pada pengolahan data didapatkan harga pokok produksi (HPP) sebesar Rp.3.170.000,- per m3 dan harga jual produk (HJP) sebesar Rp. 8.626.000,- per m3 atau Rp 130.000,- per m2.. Desain produk usulan yang dirancang difokuskan pada harga yang murah dan fleksibelitas dimensi ukuran lebar flooring. Dengan keunggulan yang lebih besar, harga produk usulan lebih murah daripada harga produk pesaing. Hal ini menjadi credit point produk usulan di mata konsumen.
 
Publisher FTI Teknik Industri
 
Contributor Prof. Dr. Ir. R.Chairul Saleh, M.Sc.
 
Date 2010-06-02
 
Type pdf
 
Source Fak. Teknologi Industri
 
Language Indonesia