Record Details

FORMULASI TABLET HISAP EKSTRAK GAMBIR (Uncaria gambir (Hunter) Roxb.) DENGAN VARIASI BAHAN PENGIKAT GOM ARAB (Gummi Acaciae)

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title FORMULASI TABLET HISAP EKSTRAK GAMBIR (Uncaria gambir (Hunter) Roxb.) DENGAN VARIASI BAHAN PENGIKAT GOM ARAB (Gummi Acaciae)
 
Creator RISCHI DWI IRIANTI / 06613030
 
Subject gambir (Uncaria gambir (Hunter) Roxb.), gom arab, kempa langsung, tablet hisap.
 
Description Gambir merupakan salah satu tanaman obat yang biasa digunakan untuk menyirih, yang mempunyai manfaat untuk kesehatan mulut dan gigi. Gambir ini memiliki khasiat sebagai obat pelega tenggorokan, obat sakit perut, sakit gigi, dan dapat digunakan untuk mencegah terbentuknya plak gigi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat ekstrak gambir menjadi sediaan obat dalam bentuk tablet hisap. Dalam tablet hisap ini digunakan variasi bahan pengikat gom arab untuk mendapatkan konsentrasi bahan pengikat yang dapat menghasilkan tablet yang memenuhi persyaratan. Ekstrak gambir diperoleh dengan metode maserasi, dengan pelarut etanol 80%. Tablet diformulasi dengan konsentrasi bahan pengikat gom arab 10%, 17,5% dan 25% menggunakan metode kempa langsung. Selanjutnya dilakukan uji terhadap ekstrak kental gambir, yaitu uji kadar air, organoleptik, dan kromatografi lapis tipis. Untuk uji serbuk gambir dilakukan uji waktu alir, sudut diam, pengetapan, dan densitas massa, serta dilakukan uji terhadap tablet hisap yang meliputi uji sifat fisik, uji kandungan kimia dan uji responden. Uji sifat fisik tablet, yaitu uji kekerasan, kerapuhan, keseragaman bobot, dan keseragaman ukuran. Uji kandungan kimia tablet, yaitu dengan kromatografi lapis tipis. Uji responden untuk menilai warna, rasa, waktu larut, kesukaan dan penerimaan tablet. Data yang diperoleh dari uji terhadap tablet hisap dianalisis secara statistik menggunakan metode ANOVA dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis menunjukkan bahwa variasi konsentrasi gom arab dapat memperkecil variasi keseragaman bobot, meningkatkan kekerasan, menurunkan % kerapuhan, dan meningkatkan waktu larut tablet hisap. Ketiga tablet memiliki sifat fisik tablet yang baik. Tablet hisap formula 3 yang paling bisa diterima oleh responden baik dari segi warna, rasa, dan waktu larutnya.
 
Publisher FMIPA UII - Jurusan Farmasi
 
Contributor Asih Triastuti, M.Pharm., Apt..
Lutfi Chabib, S.Farm., Apt
 
Date 2010-05-14
 
Type Text
 
Source Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
 
Language Indonesia