Record Details

STUDI TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS HURUF AL QUR’AN DI SD NEGERI KARANGNONGKO 2 KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STUDI TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS HURUF AL QUR’AN DI SD NEGERI KARANGNONGKO 2 KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN
 
Creator Marmilah (08422023)
 
Subject Ilmu - ilmu Al Qur'an
 
Description ABSTRAK Oleh : Marmilah NIM : 08422023 Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Huruf Al Qur’an di SD N Karangnongko 2 Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman Penelitian ini membahas tentang belajar membaca dan menulis huruf AliQur’an dan faktor penghambatnya. Pertama yang ditempuh cara belajar membaca dan menulis huruf Al Qur’an. Diharapkan anak usia SD yang muslim baik Madrasah maupun SD Negeri harus mampu membaca dan menulis huruf Al Qur’an dengan baik dan benar. Akan tetapi masih banyak anak usia SD belum bisa membaca dan menulis huruf Al Qur’an. Oleh karena itu masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : “Bagaimana cara membaca dan menulis huruf AliQur’an, metode apa yang digunakan dalam proses belajar mengajar, apa faktor yang menghambat dan mendukung belajar baca tulis huruf Al Qur’an di SDN Karangnongko 2, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Penulis mengadakan penelitian di SDN Karangnongko 2 karena ingin mengetahui secara jelas mengenai cara belajar dan faktor penghambat lancarnya membaca dan menulis huruf Al Qur’an. Hal tersebut berhubungan dengan pendidik, anak didik dan orang tua murid. Teknik pengelolaan data dengan menggunakan metode angket inter view dan dokumentasi. Angket untuk memperoleh data anak tentang cara belajar membaca dan menulis huruf Al Qur’an. Metode inter view untuk mengetahui data keadaan sekolah. Dokumentasi untuk mendapatkan data tertulis seperti : kualifikasi guru, struktur organisasi, data siswa, teknik analisa data dengan kwantitatif. Adapun populasi yang diambil adalah seluruh jumlah siswa SDN Karangnongko 2, sedangkan sempelnya yaitu : rombongan belajar B. (kelompok 4,5,6) yang jumlahnya ada 50% =103 siswa. Dari data-data hasil penelitian yang telah dianalisa ahkirnya dapat diambil kesimpulan bahwa : SDN Karangnongko 2 masih menghadapi hal-hal yang berkaitan Baca Tulis Huruf Al Qur’an antara lain : 1. Faktor anak didik masih kurang antusias pada materi pelajaran BTHA dan masih kurangnya perhatian orang tua. 2. Faktor pendidik : sangat terbatasnya waktu, kurikulum tiga jam pelajaran untuk pendidikan yang berbeda-beda. 3. Faktor lingkungan keluarga ( orang tua ) : kurang adanya keteladanan orang tua dan komunikasi timbal balik antara lingkungan, lembaga formal dan informal tentang pentingnya baca tulis huruf Al Qur’an.
 
Publisher Fakultas Ilmu Agama Islam
 
Contributor Drs. H. AF.Djunaidi.M.Ag
 
Date 2010-04-13
 
Type pdf
 
Format pdf
 
Identifier http://rac.uii.ac.id/server/document/Public/20100510091435COVER DEPAN08422023.pdf
 
Source Fak. Ilmu Agama Islam
 
Language Indonesia