Record Details

REDESAIN JEMBATAN SARDJITO II

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title REDESAIN JEMBATAN SARDJITO II
 
Creator HATA YOGA PERMANA/05 511 067
 
Subject JEMBATAN SARDJITO II
 
Description ABSTRAK
Jembatan merupakan suatu struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, lembah bahkan laut. Jembatan sebagai jalur transportasi darat, selain digunakan untuk pejalan kaki dan jalan raya bisa
juga dibuat untuk kereta api. Komponen struktur jembatan adalah bagian jembatan yang menerima, memikul dan menyalurkan beban-beban jembatan ke tanah pendukung jembatan agar jembatan kuat dan stabil. Komponen tersebut
yaitu struktur atas yang terdiri dari sandaran, plat lantai dan balok girder, kemudian struktur bawah yang terdiri dari abutment, pilar/kolom, dinding sayap (wingwall), dan pondasi.
Lokasi Jembatan Sardjito II ini masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman dan terletak di atas kali Code yang menghubungkan antara jalan Monjali (arah barat) dengan jalan Kaliurang (arah timur). Pada awalnya jembatan dengan
bentang 145 m ini didesain dengan tipe lengkung bawah, kemudian dalam tugas akhir ini dilakukan redesain dengan tipe balok prategang yaitu menggunakan profil balok I. Perencanan redesain jembatan Sardjito II ini meliputi perencanaan sandaran, lantai jembatan, balok prategang, pilar, abutment, pondasi, dan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Perencanaan redesain jembatan Sardjito II
diawali dengan menentukan spesifikasi struktur yang digunakan meliputi tipe jembatan, mutu beton dan kuat tarik baja yang digunakan, selain itu juga menentukan beban-beban yang bekerja yang berdasarkan Peraturan
Perencanaan Teknik Jembatan, Bridge Management System (BMS 1992). Hasil dari redasain Jembatan Sardjito II aman terhadap aksi/beban yang terjadi. Sedangkan mengenai RAB Jembatan Sardjito II hasil redasain dengan menggunakan balok prategang simple beam ini ternyata lebih mahal
dibandingkan dengan RAB Jembatan Sardjito II yang lama (saat ini). Untuk itu perlu diredasain Jembatan Sardjito II ini dengan tipe yang berbeda beserta RABnya, sehingga diketahui seberapa efisien antara tipe jembatan yang satu dengan tipe yang lainnya. Kata kunci : struktur atas, struktur bawah, balok prategang, beban jembatan,BMS 1992, RAB.
 
Publisher FTSP
 
Contributor DR. Ir. H. Harsoyo, MSc
 
Date 2010-04-16
 
Type Text
 
Source Fak. Teknik Sipil amp
Perencanaan
 
Language Indonesia