Record Details

ANALISIS PERENCANAAN JADWAL PADA BUS/TRANSJOGJA DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS PERENCANAAN JADWAL PADA BUS/TRANSJOGJA DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
 
Creator Jati Indrayanto/ 01.511.235
 
Subject BUS/TRANSJOGJA
 
Description ABSTRAKSI
Perkembangan pembangunan kota Yogyakarta yang relatif pesat menyebabkan semakin tinggi pula mobilitas masyarakat dalam pergerakan sehari-hari. Dalam sistem transportasi, masyarakat Yogya relatif cenderung memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan angkutan umum. Hal ini dikarenakan aspek sarana dan prasarana yang masih belum mendukung aspek kenyamanan,
keandalan, kemudahan, serta ketepatan waktu yang relatif masih sangat rendah. Maka, dari beberapa permasalahan tersebut, Pemerintah Provinsi DIY merasa perlu
untuk melakukan perbaikan sistem transportasi umum perkotaan dengan Bus Transjogja. Transjogja direncanakan untuk mengakomodir kebutuhan mobilisasi masyarakat
Provinsi DIY, khususnya masyarakat yang berada di Kota Yogyakarta, sebagian besar masyarakat Kabupaten Sleman dan Bantul. Pengoperasian bus Transjogja ini,
diharapkan dapat menghubungkan beberapa daerah secara langsung di Provinsi DIY. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif, sehingga diharapkan secara aspek teknis dapat memecahkan permasalahan yang ada,khususnya mengenai jadwal pengoperasian bus Transjogja. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel data dengan melalui survei pengamatan lapangan untuk memperoleh data primer, juga dibantu dengan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait. Hasil penelitian merupakan hasil analisis terhadap data-data yang diperoleh, baik dari data primer maupun sekunder, yaitu berupa (jadwal) operasi time table dari bus Transjogja. Hasil ini sangat penting karena menjadi alat untuk mengukur ketepatan waktu dari perjalanan bus, yang terkait dengan jumlah penduduk, waktu sirkulasi bus, jumlah armada, rencana headway tetap, serta waktu pelayanan pada kondisi off peak hour maupun peak hour. Hasil penelitian yang telah dilakukan mendapatkan asumsi demand penumpang kurang lebih 318.500 orang/hari, ini dapat diakomodasi dengan jumlah armada sekitar 62 armada setiap harinya dengan headway antara 10 – 15 menit pada kondisi peak hour, dan 20 menit dalam kondisi off peak. Keberangkatan dimulai pada pukul 06:00 WIB dan diakhiri pada pukul 22:00 WIB,
dengan pola menyebar di tiap titik keberangkatan.
Kata kunci: time table, bus Transjogja, waktu sirkulasi, jumlah penduduk, headway,helter.
 
Publisher FTSP
 
Contributor Berlian Kushari, ST, M.Eng
 
Date 2010-04-07
 
Type Text
 
Source Fak. Teknik Sipil amp
Perencanaan
 
Language Indonesia