Record Details

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA VIRTUAL SERVER DENGAN DEDICATED SERVER BERBASIS TEMPLATE UNIX DARI CACTI

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA VIRTUAL SERVER DENGAN DEDICATED SERVER BERBASIS TEMPLATE UNIX DARI CACTI
 
Creator Dimas Kuncoro-05 523 011
 
Subject green bussines, information technology, virtualization, virtual server
 
Description Tingginya inflasi dan melemahnya ekonomi dunia jadi penyebab banyak perusahaan terpaksa melakukan berbagai pemangkasan, mulai dari pengurangan jumlah karyawan hingga pengurangan biaya perjalanan bisnis, sehingga tidak mengejutkan bila para pimpinan perusahaan juga dituntut menekan pengeluaran serta memaksimalkan investasi information technology (TI) perusahaan.
Virtualization adalah tren yang belakangan banyak dibicarakan yang juga merupakan cara tepat untuk memangkas biaya server dan TI perusahaan. Jika sebelumnya departemen TI mengatur server berdasarkan fungsi dan kebutuhan, misalnya ada server khusus untuk email, dokumen, akunting dan bahkan server khusus untuk printing. Dengan virtualisasi, semua fungsi tersebut dapat dilakukan antar mesin sehingga jauh lebih efisien. Untuk skala kecil, penggunaan virtualisasi diprediksi menurunkan konsumsi listrik minimal 25 persen dibandingkan tanpa virtualisasi. Sementara untuk skala besar penghematan energi mencapai 80 persen. Karena itu, virtualisasi kini menjadi pilihan menarik bagi dunia usaha dan organisasi mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Selama masa krisis masih berlangsung, virtualisasi masih menjadi solusi yang relevan untuk membantu perusahaan tetap bertahan.
Dari hasil analisis setelah melakukan pengujian terhadap dua jenis infrastruktur server yang berbeda, dapat ditarik kesimpulan bahwa Virtual server mempunyai keunggulan dari Dedicated server, yaitu penggunaan sumber daya yang lebih rendah tetapi memberikan performa yang sama baik. Hal itu berarti infrastruktur Virtual server sangat tepat untuk instansi yang mengusung konsep green bussines, yaitu memaksimalkan investasi di bidang TI dan melakukan penghematan energi demi menjaga kelestarian lingkungan hidup.
 
Publisher FTI/Teknik Informatika
 
Contributor Irving Vitra Paputungan,
 
Date 2010-03-06
 
Type pdf,..word,..program
 
Source Fak. Teknologi Industri
 
Language Indonesia