Record Details

PENGARUH PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG PERBANKAN SYARI’AH TERHADAP MINAT MENABUNG DI PERBANKAN SYARI’AH DI YOGYAKARTA ( STUDY DI UPN,UII,UGM 2008-2009 )

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG PERBANKAN SYARI’AH TERHADAP MINAT MENABUNG DI PERBANKAN SYARI’AH DI YOGYAKARTA ( STUDY DI UPN,UII,UGM 2008-2009 )
 
Creator RACHMAD AGUNG SULISTYO ( 03423028 )
 
Subject Perbankan islam
 
Description ABSTRAKSI
PENGARUH PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG BANK SYARI’AH TERHADAP MINAT MENABUNG DI PERBANKAN SYARI’AH DI YOGYAKARTA ( STUDY DI UPN,UII,UGM 2008-2009 )
(EKIS) Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengetahuan Mahasiswa berpengaruh terhadap keputusan untuk menabung di Bank Syari’ah. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan metode pengambilan Purposive Sampling. Ada Empat teknik analisis yang digunakan untuk menganalis data, yaitu Regresi Linier Sederhana, Uji F, Uji T, dan Model Summary. Analisis Pertama dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan Mahasiswa tentang Bank Syari’ah terhadap minat menabung, yang Kedua pengujian dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas, dan pengujian yang terakhir untuk mencari hubungan variabel tidak bebas ( minat menabung ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pengaruh pengetahuan Mahasiswa berpengaruh positif terhadap keputusan minat menabung, dikarenakan Mahasiswa adalah Agent Of Change, yang mempunyai pola berpikir lebih maju daripada masyarakat awam, dan pengetahuan Mahasiswa lebih cepat, melalui pelajaran maupun study yang ada dikampus, sehingga pengetahuan memacu dan merangsang minat untuk menabung di Bank Syari’ah, dibuktikan dengan adanya study tentang Ekonomi Islam, serta didukung juga pembayaran Mahasiswa melalui Bank Syari’ah. Dalam mencari analisis pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui Kuesioner yang dibagikan kepada Mahasiswa dari masing-masing Universitas, dan didukung pula dengan literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan Analisis Regresi diperoleh kesimpulan bahwa pengetahuan Mahasiswa tersebut mempunyai hitungt yang lebih besar dari tabelt, sehingga dapat dikatakan bahwa variabel-variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai hitungt = 17,040 gt
2.000 dengan tingkat Probabilitas 0,05. Sedangkan nilai hitungF gt
tabelF (290,376 gt
3,96 ) dengan taraf signifikansi sebesar 0.000. Pengaruh variabel-variabel terhadap pengambilan keputusan menabung ditunjukkan dengan 2R sebesar 0,748. Ini berarti bahwa 74,8% pengetahuan Mahasiswa dapat menjelaskan variabel menabung. Sedangkan sisanya sebesar 25,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam skripsi ini.
 
Publisher Fakultas Ilmu Agama Islam
 
Contributor Drs.H.Asmuni.,MA
 
Date 2010-01-14
 
Type pdf
 
Format pdf
 
Identifier http://rac.uii.ac.id/server/document/Private/20100202014821Skripsi 1-5.pdf
 
Source Fak. Ilmu Agama Islam
 
Language Indonesia