Record Details

Pelaksanan Otonomi Daerah Di Kabupaten Brebes Tahun 2006-2007 ( Studi Terhadapa Tugas Bappeda dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Tahunan Daerah/REPETADA tahun 2006-2007)

1. UII Repository And Archive

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pelaksanan Otonomi Daerah Di Kabupaten Brebes Tahun 2006-2007 ( Studi Terhadapa Tugas Bappeda dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Tahunan Daerah/REPETADA tahun 2006-2007)
 
Creator Elmi Rokhmiyati/04.206
 
Subject Hukum Tata Negara
 
Description ABSTRAK
Judul skripsi ini mengenai Peranan Bappeda Kabupaten Brebes dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah di Kabupaten Brebes Tahun 2006-2007 (Studi terhadap Fungsi Bappeda dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Tahunan Daerah/REPETADA Tahun 2006-2007). Hal yang melatar belakangi skripsi ini adalah adanya fungsi-fungsi yang seharusnya dijalankan oleh Bappeda dalam pelaksanaan otonomi daerah tidak di jalankan sesuai dengan rencana karena perencanaan tidak disusun secara matang dan adanya tumpang tindih pelaksanaan pembangunan. Sebagai contoh adanya pembongkaran ruas jalan karena tidak adanya sinkronisasi antara Dinas Pekerjaan Umum, Perusahaan Listrik Negara, dan PT.Telkom dalam melaksanakan proyeknya. Hal tersebut mengakibatkan adanya penghamburan sumber daya dan dana yang sebenarnya dapat di alokasikan untuk hal yang lebih penting dalam pembangunan apabila pembangunan dilaksanakan secara terpadu.
Permasalahan yang ingin dijawab dalam skripsi ini adalah tentang bagaimana peranan Bappeda Kabupaten Brebes dalam perencanaan pembangunan daerah guna pelaksanaan otonomi daerah di Kabupaten Brebes tahun 2006-2007, dan hal-hal yang menjadi faktor penghambat dan pendorong Bappeda Kabupaten Brebes dalam perencanaan pembangunan daerah guna pelaksanaan otonomi daerah di Kabupaten Brebes tahun 2006-2007.
Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode pendekatan yuridis normative dan analisis data secara deskriptif kualitatif dimana data-data yang telah terkumpul dijadikan sebagai bahan dalam mengambil kesimpulan apakah sudah sesuai dengan landasan teori yang digunakan yang berupa peraturan perundang-undangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan Bappeda Kabupaten Brebes adalah merumuskan kebijakan teknis di bidang perencanaan pembangunan yang meliputi penyusunan RPJP, RPJM, dan REPETADA Kabupaten Brebes. Peranan Bappeda Brebes yang sangat penting tersebut, dalam pelaksanaannya belum diwujudkan dalam suatu kinerja yang kurang optimal. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal yang meliputi kurang profesionalnya pegawai Bappeda Brebes, struktur dan prosedur yang belum sempurna, dan kurangnya sarana dan prasarana. Selain itu ada faktor eksternal, yaitu tidak adanya dukungan dari badan, lembaga, atau perangkat daerah lain, tidak adanya peran DPRD dalam penyusunan APBD, kurang diberikannya kebebasan penuh pada Bappeda Brebes untuk berkreasi dan berinisiatif sendiri oleh Bupati Brebes. Adapun faktor pendukung Bappeda Brebes dalam melaksanakan otonomi daerah adalah : tersedianya data dan informasi, adanya kerjasama yang baik antar staf, tersedianya dana yang memadai, struktur organisasi dan tupoksi yang baik, adanya kesempatan para staf mengikuti diklat, dan perkembangan IPTEK yang cepat.
 
Publisher Fakultas Hukum UII
 
Contributor Dr. Syaifudin, SH.,M.Hum.
 
Date 2008-03-06
 
Type Text
 
Format pdf
 
Identifier http://rac.uii.ac.id/server/document/Private/2008080803004504 410 206.pdf
 
Source Fak. Hukum
 
Language Indonesia